Senin, 29 Juli 2013

Menikmati Keasrian Ruang Publik di Brisbane

Sungai yang luas dan hijau oleh pepohonan di pinggirannya itu melintasi kota dengan penuh liuk liku. Air yang melimpah namun tenang ini merupakan jalur wisata utama bagi wisatawan yang mengunjungi Kota Brisbane, Queensland, Australia.



Layaknya kota-kota besar di Eropa, wisatawan dapat berpesiar menyusuri Sungai Brisbane ini dengan beberapa moda transportasi yang tersedia. Bagi yang ingin benar-benar menikmati suasana, dapat memilih gondola dengan warna-warna keemasan atau kapal uap kayu yang terkesan kuno. Bila ingin lebih cepat, terdapat transportasi publik berupa kapal motor modern yang dinamakan ferry city cat.

Sebuah jajaran yang terdiri dari bangunan bersejarah dan gedung-gedung pencakar langit dihiasi oleh taman-taman yang rimbun.  Pemandangan tepi Sungai Brisbane memang luar biasa. Dengan iklim subtropis yang hangat, menyusuri sungai pun dapat dilakukan dengan kano atau kayak. Wisatawan sendiri yang harus mendayung.

Setelah puas di atas sungai, saatnya untuk menepi dan bersantai sejenak di taman-taman tepi sungai atau sekalian berpiknik di bawah pohon bakau atau makademia di City Botanic Gardens yang terletak di tepian sungai sebelah utara.

Selanjutnya, wisata mengelilingi Kota Brisbane dapat dilakukan dengan sepeda atau berjalan kaki melalui Brisbane Riverwalk. Jaringan jalan setapak terapung sepanjang 20 km ini terletak di pinggiran sungai dan diapit oleh pohon-pohon palem. Melalui jalur ini, banyak tempat yang bisa dikunjungi.

Salah satunya ialah bangunan ikonik di Brisbane yang bernama Story Bridge. Jangan hanya memandanginya saja, naik setinggi 80 meter ke puncaknya akan menjadi pengalaman yang menakjubkan.

Dari atas jembatan yang dibangun pada 1940 ini, terhampar panorama kota yang sungguh memikat. Dengan sudut pandang seluas 360 derajat, akan terlihat gedung-gedung perkantoran yang tertata rapi dan tampak hijau di pinggiran sungai.

Untuk berbelanja, wisatawan wajib mengujungi Queen Street Mall, kawasan berbelanja paling populer di Brisbane yang membentang antara George Street dan Edward Street. Jalanan sepanjang 500 meter ini dipenuhi oleh lebih dari 700 toko dan 6 buah pusat perbelanjaan yang terbilang besar.

Antara lain Brisbane Arcade di mana terdapat toko-toko perhiasan, cindera mata, dan barang-barang antik karya para maestro. Pusat perbelanjaan yang didirikan pada 1923 ini memiliki arsitektur menawan dan bersejarah. Sedangkan yang ingin mencari barang-barang mewah bisa mengunjungi Queens Plaza, atau Wintergarden untuk mendapatkan berbagai jenis pakaian secara lebih lengkap.

Kawasan wisata belanja yang terletak di daerah pusat bisnis ini dikelola secara profesional namun tetap memperhatikan keasrian lingkungan dan ramah terhadap pejalan kaki. Deretan toko-tokonya tertata rapi dan memberikan rasa nyaman.

Berada di Brisbane memberikan kesempatan untuk melihat langsung koala dan kangguru. Hewan yang menjadi maskot Australia ini dapat dikunjungi di Lone Pine Koala Sanctuary. Lokasinya hanya sekitar 11 km dari pusat Kota Brisbane dan dapat ditempuh menggunakan bus, taksi atau kapal motor.

Konservasi khusus koala yang pertama dan terbesar di dunia ini melindungi ratusan kola dari berbagai umur. Di sini Anda dapat berfoto bersama atau bercanda dengan koala, kangguru, posum, wombat, atau burung emu. Selain itu terdapat pula pertunjukkan keterampilan anjing dalam menggiring domba dan atraksi burung-burung elang. Brisbane juga hanya berjarak satu jam ke tempat wisata populer Gold Coast jika Anda pergi menggunakan kendaraan bermotor.

Mulai 31 Juli 2013, Garuda Indonesia akan terbang langsung dari Denpasar ke Brisbane

Tidak ada komentar:

Posting Komentar